spot_img

Aksi Bersih Pantai Relawan Lingkungan di Tanah Laut

kalseltoday.co.id, Tanah Laut–Cyber Adventure Indonesia, organisasi pegiat lingkungan yang konsern dalam edukasi lingkungan kembali melakukan aksi peduli dengan menyambangi Pantai Turki di Swarangan Kecamatan Jorong pada Sabtu (10/10/2020).

Organisasi yang merupakan penggerak pembinaan kader lingkungan di Tanah Laut ini tergerak melakukan aksi setelah melihat secara langsung kondisi tempat wisata di wilayah Kecamatan Jorong tersebut berdasarkan informasi media sosial yang sempat viral negatif beberapa waktu belakangan dikarenakan sampah yang mengganggu pemandangan.

Relawan Cyber Adventure Indonesia merupakan Kader Lingkungan dari beberapa sekolah binaan di Tanah Laut diantaranya dari SMAN 1 Pelaihari, SMAN 1 Jorong, SMPN 3 Jorong dan SMKN 1 Kintap menjadi ujung tombak kegiatan aksi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kab. Tanah Laut dan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tanah Laut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Tanah Laut Muhammad Mursyi, dalam pengarahan sebelum kegiatan menyatakan apresiasi atas peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan, “Tanpa kerjasama semua pihak, khususnya masyarakat, lingkungan tidak akan mengalami perbaikan” Jelasnya.

Dalam giat aksi kali ini, Cyber Adventure Indonesia juga mendapat dukungan dari Polairud Res Tala dan Pangkalan TNI AL Banjarmasin serta dukungan pihak swasta, PT. JBG perusahaan tambang batubara pemegang Kontrak Karya di wilayah Kecamatan Jorong yang konsern melakukan penambangan berwawasan lingkungan.

BACA  Terinfeksi Covid-19 Seorang Dokter Muda Banjir Dukungan

Head Project Officer Cyber Adventure Indonesia selaku penanggungjawab kegiatan Aneba Eka Prasetya,  menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas peran aktif semua pihak dalam pelaksanaan kegiatan. “Beach Cleanup Day merupakan bagian dari Gerakan Konservasi Pesisir, satu agenda rutin Cyber Adventure yang diharapkan dapat menumbuhkan tanggung jawab semua pihak dalam kelestarian lingkungan pesisir,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, DPRKPLH Kabupaten Tanah Laut memberikan apresiasi khusus kepada PT. JBG yang terus memberikan sumbangsih dalam kelestarian lingkungan di Kabupaten Tanah Laut, “Kami berharap semua perusahaan swasta turut termotivasi dan tergerak menjaga kelestarian lingkungan hidup” Jelas Adi Rahmani dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tanah Laut.

Polairud Resor Tala, bersama Pos TNI AL Muara Asam-asam dengan dukungan penuh para personil, menyatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan aksi bersih pantai yang dilaksanakan, selain membersihkan pantai para relawan juga melakukan penanaman pohon produktif dan pohon hias tabebuya di sekitar markas Polairud Muara Swarangan, “Semoga kerjasama yang baik ini dapat terus dilaksanakan, area pesisir dan pantai menjadi bersih, sehingga pengunjung nyaman dalam berwisata” Ungkap Iptu Suprianto, Kasatpolairud Resor Tala. “Kebersihan pantai menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya aparat tetapi juga masyarakat” Tambah Pelda Isgianto, Danpos TNI AL Muara Asamasam.

BACA  Dorong Gerakan Revolusi Hijau melalui Penanaman Seribu Pohon di Waduk II Takisung

Di akhir aksi, sampah yang terkumpul dipilah dan dikondisikan untuk diolah sesuai peruntukannya oleh komunitas bank sampah di sekitar lokasi kegiatan, kecuali sampah residu yang dikirim ke pembuangan akhir di Pelaihari.

Ditempat terpisah Kesatuan Pengelola Hutan Tanah Laut Agus Suparno didampingi Rusdi Mairi selaku Kepala Resor Hutan Kintap menyatakan bahwa peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan diharapkan dapat menjadi budaya dan kebiasaan baru, “Dengan menjaga kebersihan, kita bisa menyelamatkan lingkungan,” tutupnya.

 

Penulis: Yamadipati

Editor: Abe

Foto: Yamadipati

 

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles