spot_img

Yuk Cek IMEI Hp Sebelum Kena Blokir Kemenkominfo, Begini Caranya

Foto: Masukkan 15 nomor digit imei ke situs https://imei.kemenperin.go.id/. Klik cari, maka akan muncul IMEI terdaftar di database kemenperin atau IMEI tak terdaftar di database kemenperin.

kalseltoday.id – Mulai tanggal 18 April 2020 nanti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan regulasi pembatasan International Mobile Equipment Identity (IMEI) akan berlaku, sehingga IMEI seluler yang tidak terdaftar di Indonesia tidak akan mendapatkan sinyal dari operator seluler tanah air itu artinya seluler hanya bisa buat foto saja (apabila ada kameranya).

Regulasi pembatasan IMEI ini diputuskan bersama oleh Kemenkominfo, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada tanggal 18 Oktober 2019 lalu.

Dilansir dari CNBC Indonesia Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo Ismail mengatakan skema ini merupakan proses pengendalian IMEI secara preventif agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu legalitas perangkat yang akan dibelinya.

BACA  Ingat yaa 4 Hari Lagi, Banjarmasin Siap-siap PSBB

“Pemerintah menghimbau masyarakat untuk membeli perangkat handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKI’) yang legal. Pastikan untuk kritis dan cerdas (Know Your Mobile) dengan melakukan pengecekan IMEI di situs web Kemenperin (imei.kemenperin.go.id) sebelum melakukan pembelian perangkat HICT baik melalui toko maupun online,” ujar Ismail di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Terus bagaimanakah cara untuk mengecek IMEI seluler kita terdaftar atau belum, begini caranya:

1. Untuk melihat IMEI seluler kamu Ketik *#06# kemudian klik Oke atau ketuk Settings -> About Phone -> Status -> IMEI Information.

Nomor IMEI bisa juga dilihat pada bagian punggung seluler atau dekat di baterai

2. Kemudian masukkan 15 nomor digit imei ke situs https://imei.kemenperin.go.id/.
Klik cari, maka akan muncul IMEI terdaftar di database kemenperin atau IMEI tak terdaftar di database kemenperin.

Cukup mudahkan, silakan dicoba.

Nomor IMEI bisa juga dilihat pada bagian punggung seluler atau dekat di baterai

Apa sih IMEI itu?, menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

BACA  Tim BPBD Tala Sambangi Rutan Klas IIB Pelaihari

Dikarenakan dikeluarkan untuk tiap slot SIM, maka seluler yang mendukung slot kartu SIM ganda akan memiliki dua IMEI.

Nomor IMEI bersifat unik terdiri dari 15 hingga 16 digit sehingga tidak akan sama dengan pengguna lainnya.

Penulis: Tim Redaksi

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles