Sempat Terhenti Pembangunannya, Pelabuhan Swarangan Mulai Beroperasi

Foto: Bupati Tanah Laut, Sukamta (masker merah) melepas keberangkatan kapal perdana di Pelabuhan Swarangan, Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut

 

kalseltoday.co.id, Tanah Laut–Bupati Tanah Laut, Sukamta melepas keberangkatan kapal perdana di Pelabuhan Swarangan, Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, menandai mulai beroperasinya  kebanggaan Bubuhan warga Tuntung Pandang (julukan Tala), Minggu (30/8/2020).

Dengan beroperasinya Pelabuhan Swarangan, Sukamta berharap bisa memberi manfaat kepada rakyat Tala karena membuka peluang investasi dan infrastruktur seperti pelabuhan sangat diperlukan oleh pihak investor.

“Pengapalan perdana ini adalah bentuk keseriusan dan kesungguhan Pemkab Tala untuk memfungsikan pelabuhan, sehingga investor tidak perlu ragu-ragu menyangkut masalah ketersediaan infrastruktur terutama untuk arus barang dan jasa,” kata Sukamta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Tala Dahnial Kifli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Ketua DPRD Tala Muslimin, Camat Jorong Alfan Rosidi Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Tala Gentri, Kepala UPP Kintap Beny Berqia Pandelaki.

Pada kesempatan itu juga Sukamta mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak atas rampungnya pembangunan dan beroperasinya pelabuhan tersebut karena menurut Sukamta dengan adanya pelabuhan disuatu daerah maka daerah tersebut akan maju sebab akan terjadi arus barang dan jasa.

“Mari terus kita dorong pengembangan pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang besar dan memberikan kemajuan bagi Kabupaten Tala,” ungkap pria yang akrab disapa Kamta.

Pembangunan Pelabuhan Swarangan sendiri dimulai sejak tahun 2008, namun dalam perjalanannya pelabuhan yang terletak di Desa Swarangan itu sempat terhenti dalam kurun waktu yang cukup lama, masuk dalam program Pembangunan Strategis Nasional (PSN) akhirnya pelabuhan ini selesai pada akhir tahun 2019 lalu dan menunggu masa pemeliharan hingga Juni 2020 (enam bulan).

Adapun pengkapalan kargo perdana di Pelabuhan Swarangan dilakukan oleh PT Delta Prima Steel.

 

Editor: Abe

Foto: Humpro

Facebook Comments