spot_img

Peringati Harjad Kalsel, KPH Ini Bagikan Ratusan Ribu Bibit Tanaman Gratis

KALSELTODAY.CO.ID, Tanah Laut – Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke-72, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut (Tala) bagikan ratusan ribu bibit tanaman, Jumat (12/08).

Ratusan ribu bibit yang disiapkan berupa tanaman peneduh dan tanaman buah di antaranya adalah bibit tanaman alpukat, petai, jeruk, ketapang kencana, tabebuya, meranti, tanjung dan lain sebagainya.

Menempati beberapa titik posko pembagian bibit, diantaranya berada di jalan A. Syairani, Pelaihari, Tala.

“Ada sembilan titik bagi diseluruh wilayah Kabupaten Tanah Laut, ada sekolah, ada pecinta lingkungan kemudian di masjid. Kita manfaatkan moment hari Jumat jadi kita bagi bibitnya,” ungkap Kepala Seksi (Kasie) Perlindungan Hutan, Agus Suparno saat dijumpai dilokasi.

BACA  Fantastic Tanah Laut dari Radja Ajak Berwisata

Antusias warga yang berdatangan untuk mengambil bibit terpantau sangat ramai, cukup dengan bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga sudah dapat membawa pulang bibit tanaman dengan gratis.

Kepala KPH Tanah Laut, Rahmad Riansyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan serentak di Kalimantan Selatan sebagai kado ulang tahun untuk Hari Jadi Provinsi dalam rangka memperkuat Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel.

“Bibit tanaman ini dibagikan secara gratis, agar setiap warga dapat menanamnya di lingkungan masing-masing sehingga dapat membumikan Gerakan Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan” ungkap Rahmad.

Kegiatan pembagian bibit ini juga didukung oleh komunitas lingkungan dan kehutanan yang membuka beberapa posko pembagian bibit, salah satunya adalah organisasi Nayaka Cyber Indonesia yang bekerjasama dengan Satuan Polisi Perairan dan Udara Resor Tanah Laut yang membagikan bibit di Desa Swarangan Kecamatan Jorong.

BACA  Kisruh PD Baratala dengan Mantan, Ini Kata Praktisi Hukum (3-Habis)

Salah satu aksi lanjutan dari pembagian bibit ini adalah penanaman pohon yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala, bersama Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH Tala, H. Adi Rahmani, didampingi Kasie Pembinaan Sekolah Dasar, Muhtar, dan Kasubag Umum dan Kepegawaian, Irma Rahmawati.

Head Project Operation Nayaka Cyber Indonesia, Eka Prasetya Aneba, salah satu koordinator aksi pembagian bibit yang turut berhadir di lokasi penanaman mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas upaya dan kerja keras semua pihak dalam menghijaukan lingkungan.

“Mewariskan bumi yang lebih baik untuk masa depan adalah tangggungjawab kita bersama” pungkasnya. (ymd/maa)

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles