spot_img

Pegiat Media Sosial Rayakan Hari Jadi Tanah Laut ke-55

kalseltoday.co.id, Tanah Laut–Puluhan pegiat media sosial berkumpul merayakan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut (Pegiat media sosial rayakan Hari Jadi Tala ke-55) ke-55 di sebuah cafe di bilangan Gagas Kota Pelaihari Rabu (2/12/2020).

Para pegiat media sosial berkumpul berasal dari berbagai macam latar belakang, berbagai isu yang berkembang di Kabupaten Pegiat media sosial rayakan Hari Jadi Tala ke-55, menjadi objek bahasan, baik sosial, ekonomi hingga politik dengan tetap mengedepankan etika komunikasi yang baik.

Ketua Persatuan Rakyat (Perak) Pegiat media sosial rayakan Hari Jadi Tala ke-55 Firdaus menyatakan bahwa kemajuan Kabupaten Tanah Laut merupakan tanggungjawab kita bersama.

“Sumbangsih tidak hanya berupa tenaga tetapi dapat juga berupa  pemikiran serta kritik yang membangun sebagai pemantik kemajuan Tanah Laut,” paparnya.

Ustadz Arif Rahman, salah satu tokoh pemuda dari unsur alim ulama, dalam tausiyah singkat berharap agar suasana rukun dan damai di Kabupaten Tala tetap terjaga, tidak terpengaruh isu-isu yang memecah belah ataupun terprovokasi oleh gerakan-gerakan inkonstitusional seperti di daerah lainnya.

BACA  Bakti Kemandirian Masyarakat Kodim 1009/Tanah Laut di Lahan Nayaka Mahitala Foundation 

Salah satu tokoh masyarakat Tala, H. Sayuti, dalam pernyataannya memberikan apresiasi atas kinerja pemerintah daerah selama ini, dengan berbagai catatan perbaikan, khususnya pelurusan sejarah Tala sebelum berdiri sebagai kabupaten otonom, pembangunan monumen pendiri Tanah Laut yang lebih representatif dan pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten dapat dikuatkan dengan adanya perda/perbup sehingga dapat menjadi dasar penulisan literasi sejarah Tanah Laut secara menyeluruh dan dimasukan ke dalam pelajaran muatan lokal bagi anak usia sekolah.

Jelang diskusi, dilaksanakan deklarasi Perak Tala, sebuah jejaring komunitas warga yang akan bergerak di bidang ekonomi kerakyatan dan penuntasan masalah-masalah sosial yang akan menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam pembangunan Kabupaten Tala.

Refleksi Hari Jadi 55

Dalam diskusi yang dipantik oleh Firdaus, dengan tema “Tanah Laut Hebat” lebih banyak menyoroti soal ketimpangan pembangunan, kesejahteraan sosial dan  ekonomi kerakyatan. Ke depan Perak Tala juga diharapkan  menjadi lembaga think-thank para pemikir serta kritikus yang akan memberikan masukan kepada pemerintah daerah, menjadi mitra strategis bukan hanya menjadi komuditas politik jelang pilkada.

BACA  Disdikbud Tala Gelar Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Diskusi yang dimulai dari pukul 17.00 Wita hingga 18.30 Wita tidak nampak dari pihak Muspida Kabupaten Tala hadir dalam diskusi tersebut meskipun begitu hasil diskusi akan dijadikan rekomendasi untuk disampaikan pada para pihak yang berkepentingan.

 

Penulis: Yamadipati

Foto: Yamadipati

Editor: Iqbal

 

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles