Sabtu, September 18, 2021

Menko PMK Didampingi Wali Kota Banjarmasin Kunjungi Asman Toga, Ini Harapannya

Must Read

KALSEL TODAY, Banjarmasin – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengunjungi Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga (Asman Toga) yang terletak di Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (5/8/2021).

Dalam kunjungannya Muhadjir Effendy menyampaikan kegiatan yang dilakukan Asman Toga harus terus dikembangkan karena menurutnya selain bisa memberdayakan para kaum ibu juga bisa memberikan nilai manfaat lebih dari tanaman obat.

“Bagus ini. Saya juga suka minum kunyit. Pak Presiden sukanya minum jahe, kencur, sama air kelapa hijau. Kita kan tahu Covid-19 ini makhluk alamiah, jadi harusnya bisa diatasi dengan yang alami-alami juga seperti di Banjar ini kan banyak ramuan-ramuan alami,” ungkap Muhadjir dikutip dari rilis Kemenko PMK pada Jumat (6/8/2021).

Muhajir Effendy pun berpesan kepada para ibu yang menjadi kader di Asman Toga agar mendapat bimbingan dengan basis ilmiah. Dirinya berharap dengan bimbingan tersebut, nantinya lebih memahami tentang kandungan dan takaran yang tepat dari setiap bahan baku yang digunakan dalam ramuan tradisional sehingga terjamin keamanan dan khasiat dari ramuan tradisional tersebut.

BACA  Depo Arsip, Taman Baca RTH Kamboja, dan E-Perpus Banjarmasin Resmi Dilauching
BACA  Peringati HPN, Kanwil Bulog Kalsel Gelar Seminar dan Bagi Ratusan Paket Sembako

“Selain mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ramuan tradisional yang alami, saya juga memohon kepada ibu-ibu agar ikut mengkampanyekan memakai masker untuk mengatasi pandemi Covid-19,” tandasnya.

Asman Toga Menko PMK Wali Kota Banjarmasin Muhadjir Effnedy Ibnu Sina
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Menko PMK Muhadjir Effendy saat mengunjungi Asman Toga di Kelurahan Alalak Utara, Kamis (5/8/2021). foto: ist

Usai kegiatan Wali Kota Banjarmasin menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Menteri PMK Muhadjir Effendy di Asman Toga Mawar yang dibudidayakan warga RT 18 Kelurahan Alalak Utara.

“Ini adalah kelompok asman toga mawar dan juga tadi produk-produknya sudah banyak didaftar ada 115 lebih tanaman obat untuk warga bisa menjaga kesehatan termasuk juga yang sedang isolasi mandiri diberikan minuman itu sehingga bisa cepat sehatnya,” terang Ibnu Sina.

Selain itu Ibnu Sina mengungkapkan arahan dari Menteri PMK agar produk-produk yang berasal dari rempah tanaman obat tersebut bisa diikuti di tempat lain sehingga komposisinya dapat diperjelas.

BACA  Ibnu Sina, “Selamat Berjemur Di Matahari Pagi Jam 10.00”

“Hal seperti ini harus kita budidayakan termasuk juga bisa ditiru oleh daerah daerah lain memanfaatkan halaman pekarangan fasilitas umum untuk menanam tanaman obat keluarga dan ini tadi sudah saya sampaikan juga salah satu kearifan lokal Banjarmasin,” ungkap orang nomor satu di Kota Seribu Sungai itu.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Zulkifli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi dan Camat Banjarmasin Utara Apiluddin Nor.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK juga memantau langsung dan menyapa warga yang sedang isoman di sana karena terpapar Covid-19. Ia pun memberikan semangat dan menyuruh untuk mengkonsumsi minuman sehat dari tanaman obat itu agar segera lekas pulih. (abe)

Facebook Comments

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Warga Miskin Bertambah, F-PKS DPRD Kalsel Sarankan Pemprov Maksimalkan Penyaluran Bansos dan Daya Beli Masyarakat

KALSEL TODAY - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyarankan kepada Pemerintah Provinsi Kalsel untuk memaksimalkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img
Facebook Comments