spot_img

Kawasan Sungai Lulut Resmikan Punya Tiga Jembatan ‘Hanyar’

Foto:. H Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan saat meresmikan jembatan di kawasan Sungai Lulut, Kabupaten Banjar.

kalseltoday.co.id, Banjar–Tiga jembatan yang berada di sepanjang kawasan sungai lulut yang menghubungkan wilayah perbatasan antara Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar hari ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor. Acara peresmian ini dilangsungkan di sekitaran jembatan Sungai Lulut, kamis (27/02/2020).

Acara peresmian dibuka dengan lantunan lagu “Indonesia Raya” dan “Lagu mars” -bergerak paman Birin yang dinyanyikan bersama para hadirin. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak Muhamad Gazalie, dan dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Roy Rizali Anwar mengungkapkan “Total anggaran menggunakan APBD Provinsi sebesar Rp. 21,3 Miliyar dan untuk pembebasan lahannya menggunakan dana APBD Pemko dan Pemkab Banjarmasin. Konstruksi jembatan sudah desain dari yang tadinya lebar 4 sampai 4,2 meter kini dibangun menjadi 10 sampai 12 meter. Kemudian, untuk jembatan Sungai Lulut dan Gardu I diatas permukaan air pasang 1,5 sampai 2 meter sehingga lalu lintas kapal klotok dibawah masih bisa dilalui,” ujarnya.

BACA  Tingkatkan Kesadaran Warga Bentuk 4 Satgas

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel kepada keluarga penerima manfaat, dan pidato sambutan dari Gubernur, serta diikuti setelahnya dengan acara penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalsel dengan didampingi oleh H. Supian HK, Ketua DPRD Provinsi Kasel, K.H. Khalillurrahman, Bupati Banjar, Perwakilan Walikota Banjarmasin, dan Roy Rizali Anwar, Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan.

H. Sahbirin Noor berserta undangan dan masyarakat menuju lokasi jembatan untuk prosesi pemotongan untaian melati dan penekanan sirine di jembatan Sungai Lulut

Dalam momentum sambutannya H. Sahbirin mengungkapkan rasa syukur atas terselesaikannya ketiga jembatan sebagai upaya pemerintah provinsi dalam melayani rakyat. Ucapan terima kasih juga disampaikan atas upaya Bupati Banjar dan Walikota Banjarmasin yang mengawali dengan pembebasan lahan. Beliau juga berharap agar jembatan tersebut dapat memberikan manfaat bersama dalam menanggulangi kemacetan dan mengajak bersama-sama dalam menjaganya.

H. Sahbirin kemudian menutup pidatonya dengan sebuah pantun “Sayur nangka sayur campur waluh, dimasak belamak becampur santan, jembatan tuntung di tahun 2020, mudahan bemanfaat gasan seberataan” ujarnya.

Rangkaian acara terakhir yaitu dilanjutkan dengan menuju lokasi jembatan untuk melakukan prosesi pemotongan untaian melati dan penekanan sirine sebagai tanda peresmian ketiga jembatan di kawasan Sungai Lulut.

BACA  Lantik Pengurus JMSI Pusat, Bamsoet Ingatkan Bahaya Informasi Hoax Pandemi Covid-19

Mengenai wacana pelebaran jalan H. Sahbirin Noor mengatakan “Insya allah jika memungkinkan pak Bupati wilayahnya, yang penting jangan ada masalah, kita Pemerintah Provinsi siap membantu, apa memperlebar atau dibikinkan dermaga, atau apa saja yang penting bisa bermanfaat buat rakyat di daerah ini,” ujarnya.

Ketiga jembatan yang telah diresmikan tersebut yaitu jembatan Sungai Lulut, jembatan Sungai Gardu I, dan jembatan Sungai Gardu II yang mana ketiganya sejalur berada di jalan Veteran Kelurahan Sungai Lulut. Meliputi dua wilayah yaitu wilayah Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjar Timur dan wilayah Kabupaten Banjar, Kecamatan Sungai Tabuk.

Penulis : Fajar
Foto : Fajar

Editor: Abe

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles