spot_img

Gerakan Revolusi Hijau di Area Gedung Baru RSUD Haji Boejasin

kalseltoday.co.id–Bupati Tanah Laut H. Sukamta didampingi Sekretaris Daerah Dahnial Kifli dan jajaran Muspida Kabupaten Tanah Laut diantaranya Dandim Pelaihari, Kepala Kejaksaan Negeri Pelaihari, Kapolres Tanah Laut dan Dirut RSUD H. Boejasin Isna Farida melakukan tanam pohon dalam rangka melaksanakan Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Nor  di area gedung baru Rumah Sakit Haji Boejasin Pelaihari, Kamis, 13 Februari 2020.

Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut selaku pelaksana teknis kegiatan dengan dukungan Kesatuan Pengelola Hutan Kabupaten Tanah Laut yang menyumbangkan berbagai bibit tanaman buah dan pohon peneduh dibantu para pegawai dan pegiat lingkungan dari Cyber Adventure Indonesia Regional Kalimantan Selatan bahu membahu melaksanakan penanaman di lahan sekitar Rumah Sakit.

Kabid LH DPRKPLH, H. Sofian Rifani dalam keterangan yang beliau sampaikan menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan terlaksana berkat bantuan semua pihak, terutama perusahaan swasta di kabupaten Tanah Laut yang berkomitmen melaksanakan usaha berbasis lingkungan sehingga tidak hany mengejar keuntungan semata tetapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan.
“kerjasama Pemerintah Daerah dan swasta harus terus digalakkan agar pembangunan lingkungan berkelanjutan dapat menjadi tanggung jawab bersama” terang H. Sofian.

Secara estafet penanaman juga dilaksanakan di area turap bendungan Desa Damar Lima Kecamatan Batuampar  oleh Kader Lingkungan binaan Cyber Adventure Indonesia Regional Kalimantan Selatan. Kegiatan tanam pohon diikuti ratusan pelajar tingkat menengah pertama dan tingkat atas dari SMPN 3 Jorong, SMPN 3 Batuampar, SMK Muhammadiyah Pelaihari dan dari SMKN 1 Kintap.

BACA  Terima Kunjungan PP JMSI, Gita Wirjawan : Kualitas Informasi Faktor Penentu Perjalanan Sebuah Bangsa

Pelajar yang tergabung dalam kelompok Kader Lingkungan tidak hanya melaksanakan penanaman tetapi juga dituntut untuk dapat berkelanjutan melakukan perawatan pohon yang telah ditanam hal ini sejalan dengan Gerakan Tanam dan Asuh Pohon yang diinisiasi oleh Cyber Adventure Indonesia.

Yamadipati Eka Prasetya selaku Head Officer Project Cyber Adventure Indonesia dan Rusdi Mairi, S. Hut selaku Kepala Resor Hutan Kintap yang membawahi Resor Hutan Jorong dan Batuampar secara bergantian memberikan edukasi mengenai lingkungan hidup dan kehutanan kepada para Kader Lingkungan yang mengikuti kegiatan.

Dalam paparannya, Rusdi Mairi menjelaskan tentang keterkaitan hutan dan kondisi lingkungan Kalimantan yang berada di bawah Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) secara nasional. “IKLH Kalimantan Selatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari urutan ke 26 di tahun 2016 menuju 10 besar di tahun 2020 ini, hal ini salah satunya adalah dampak dari adanya Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Paman Birin” pungkas Rusdi.

BACA  Ketua DPD Partai Ummat Tanah Laut Optimis Raih 4 Kursi

Sementara Yamadipati memberikan pemaparan pentingnya kelestarian lingkungan dengan keanekaragaman hayati yang ada saat ini, tentang banyaknya flora dan fauna endemik Kalimantan yang terancam punah jika tidak dijaga dengan merawat lingkungan terutama dengan melakukan penanaman pohon.
Yamadipati menjelaskan, “tema kegiatan kali ini adalah ‘menanam dan menanam pohon untuk anak cucu kita’ diharapkan dengan tema ini kita semua tergerak untuk mewariskan bumi yang hijau untuk generasi penerus”

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Bendungan Desa Damar Lima Kecamatan Batuampar para Kader Lingkungan dan para pendamping telah menanam pohon sebanyak 200 batang sepanjang turap bagian depan sisi kiri yang terdiri dari pohon trambesi, jengkol dan asam jawa.

Kegiatan ditutup dengan diskusi dan pembagian dorprize kepada para Kader Lingkungan yang aktif berinteraksi dalam diskusi.

Penulis: Yamadipati

Editor: Abe

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles