spot_img

Hindari Berlarut-larut Memikirkan Ini, Demi Kesehatan Mental

KALSEL TODAY – Banyak pembahasan dimasyarakat yang menyebabkan mempengaruhi kesehatan mental, oleh karenanya harus dipahami hal apa saja yang dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol, terutama informasi yang didapat dari media sosial.

Bagi mereka yang mempunyai kebiasaan overthinking atau berpikir hingga berlarut-larut hal tersebut jelas dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Nah untuk itu ada baiknya perlu memilih dan membedakan hal apa saja dapat dikontrol dan yang tidak dapat dikontrol. Berikut adalah hal-hal yang tidak bisa dikontrol, dirangkum dari Beautynesia:

1. Masa Lalu

Dilansir dari Elite Daily, kamu bisa merencanakan masa depan, tetapi tidak bisa mengubah masa lalu. Jika kamu mempunyai kesalahan atau penyesalan di masa lalu, tidak perlu dipikirkan hingga berlarut-larut yaa.

BACA  Ini Perbedaan Tarif Tes PCR yang Berlaku Dibeberapa Negara Asia

Kamu sebenarnya berhak melepaskan kenangan pahit dan kesalahan yang sudah berlalu agar tidak terus menerus kepikiran. Pun, lebih baik kamu melakukan sesuatu dengan lebih baik mulai saat ini dan menghadapi apa yang terjadi saat ini tanpa memikirkan bayang-bayang masa lalu.

2. Perlakuan Orang Lain

Dilansir dari Illustration Friday, dalam kehidupan sosial kamu akan selalu bertemu dengan orang yang menyukai dan tidak menyukaimu. Sebagian dari mereka bisa saja menyimpannya dalam diam maupun menunjukkan itu padamu.

Hal itu sebenarnya lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bukan tugasmu untuk membiarkan mereka tetap menyukaimu atau tidak lagi membencimu. Yang bisa kamu lakukan hanyalah bersikap dan berperilaku terhadap orang lain.

BACA  Juru Bicara Covid Kalsel: Jalankan Protokol Kesehatan, Adaptasi Untuk Berdamai dengan Covid-19

3. Masalah Orang Lain

Jika kamu dipercaya untuk mendengarkan curhatan temanmu atau saudaramu tentang masalah pribadinya, bisa jadi kamu dianggap mampu menjadi pendengar atau pemberi saran yang baik. Namun, kamu tidak harus memikirkan bagaimana dia menyelesaikan masalahnya. Biarkan dia mengontrol dirinya sendiri dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Dengan mengenali perbedaan hal-hal yang bisa dikontrol dan yang tidak bisa dikontrol, harapannya kamu jadi terbebas dari beban pikiran yang semestinya tidak membuatmu kewalahan dalam mengendalikannya sehingga konsentrasi dan daya pikirmu dapat terjaga. ***

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles