spot_img

Bubuhan Banjarmasin Klik Aja https://corona.banjarmasinkota.go.id Untuk Update Informasi Covid-19

Foto: Walikota Banjarmasin saat mencoba website https://corona.banjarmasinkota.go.id di Balai Kota Banjarmasin Selasa (7/4/2020)

kalseltoday.co.id, Banjarmasin–Menghadapi perkembangan virus corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin luncurkan website tracking covid-19, Selasa (7/4/2020).

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina meresmikan website ini dan menyampaikan bahwa website dapat diakses secara real time dan di update secara periodik oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin.

Tujuannya adalah agar masyarakat dapat mengetahui secara lebih transparan mengenai informasi terkait perkembangan virus corona di Banjarmasin. Masyarakat dapat mengakses informasi secara langsung dan mengetahui upaya yang telah dilakukan Pemkot dalam penanggulangannya.

“Data yang ditampilkan itu secara komprehensif dari tingkat kelurahan kemudian ditingkatkan sampai tingkat RT nanti rencananya, jadi di website tersebut bisa dilihat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) perkelurahan”, ujar Ibnu Sina saat acara konferensi press di Balai Kota.

BACA  Lantik DKBJM, Wali Kota Pinta Galakkan Kesenian Banjarmasin

Dalam website https://corona.banjarmasinkota.go.id penyelenggaraan surveillance terkait covid 19 meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan desiminasi. Hal ini untuk menghasilkan informasi yang objektif dan terukur. Sehingga setiap saat antar waktu, antara wilayah dan antar kelompok masyarakat dapat diperbandingkan.

“Website tersebut juga ada informasi yang lebih informatif dan atraktif terutama adanya formulir kuesioner sebagai alat pelaporan dan pemantauan mandiri bagi masyarakat Kota Banjarmasin,” terang orang nomor satu di Kota Banjarmasin.

Selain itu, juga terdapat informasi data terkini berisi data dengan kategori OTG, ODP, PDP, pasien positif, pasien sembuh, dan pasien meninggal yang ditampilkan secara real. Serta, berikut dengan Informasi geografis berdasarkan titik koordinat atau posisi yang masuk kategori tersebut.

BACA  Surat Edaran Tak Ditaati, Sanksi Pidana Menanti

Informasi lainnya terkait dengan pencegahan, protokol penanganan, Informasi gugus tugas pada setiap kelurahan, Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan covid 19, informasi pengumuman pemerintah, dan call center yang dapat dihubungi serta terhubung dengan aplikasi WhatsApp.

Reporter : Fajar
Foto : Fajar
Editor: Abe

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles