Arutmin Hadirkan Bekantan Ecopark Asamasam

KALSEL TODAY, Tanah Laut – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia dilaksanakan PT. Arutmin Indonesia dan kontraktor bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, BKSDA Provinsi Kalimantan Selatan, KPH Tanah Laut, Pemerintah Desa Asamasam dan aktivis lingkungan Nayaka Mahitala Cyber Adventure Indonesia, Rabu (09/06/2021)

KTT Arutmin Indonesia Tambang Asamasam, Novriyadi, memaparkan tentang kegiatan Hari Lingkungan Hidup yang merupakan agenda tahunan dengan tema Sinergy for Sustainability.

“Tema yang diangkat bermakna bahwa pembangunan lingkungan hidup harus beriringan dengan pemberdayaan masyarakat untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas secara berkelanjutan” imbuh Novriyadi.

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Supiyani, Kepala Seksi KSDAE, memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan.

Dalam sambutannya, memaparkan tentang tindakan sistematis dan terpadu yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan. Salah satunya adalah Gerakan Revolusi Hijau yang melibatkan seluruh kepentingan, baik pemerintah maupun swasta.

“Dengan menanam pohon diharapkan ekosistem lingkungan menjadi lebih baik dan keanekaragaman hayati tetap terjaga” tambah Supiyani.

Disela kegiatan ditandatangi nota kesepahaman pendampingan dan pemberdayaan antara PT. Arutmin Indonesia dan Masyarakat Peduli Bekantan yang diwakili oleh Kepala Desa Asamasam.

Sebelum kegiatan penanaman, terlebih dahulu dilakukan peresmian dermaga Ecopark Bekantan di tepian Sungai Asamasam oleh KTT PT. Arutmin Indonesia Tambang Asamasam didampingi para pihak terkait dan tamu undangan.

Selanjutnya seluruh peserta kegiatan diarahkan menuju lokasi penanaman pohon di habitat Bekantan (Nasalis Larvatus) yang berjarak kurang lebih 3 km dari dermaga dengan menggunakan angkutan kapal.

Pohon rambai padi (Sonneratia caseolaris L.) yang merupakan habitat dan koloni bekantan menjadi pilihan untuk ditanam di lokasi konservasi yang telah dicanangkan.

Lepas liar burung-burung di lahan konservasi menandai ditutupnya kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan.

Kepala KPH Tanah Laut, yang diwakili oleh Agus Suparno, Kepala Seksi Perlindungan Hutan yang turut berhadir juga memberikan apresiasi atas kegiatan.

“Peran serta korporasi dan masyarakat dalam mencegah degradasi ekosistem, dapat diaplikasikan dalam cara berpikir dan bertindak dengan menjaga dan merawat lingkungan” tutup Agus. (ymd/abe)

Facebook Comments