spot_img

Ada SIMAYA Permudah Pelayanan Dan Administrasi Kantor

Foto: Usni Erizal, Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarmasin saat ditemui awak kalseltoday.id di ruang kerjanya.

KALSELTODAY.ID, BANJARMASIN–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pusat telah mengembangkan Aplikasi Perkantoran yang diberi nama Simaya. Bantuan berupa aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan gratis.

Usni Erizal, Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarmasin mengungkapkan belakangan ini sudah ada keinginan dari SKPD yang mengusulkan ke Kominfo untuk dibuatkan aplikasi yang memadai, artinya mungkin pekerjaan rutin selama ini yang masih manual kedepan mungkin akan disiapkan aplikasinya meskipun masih terbatas yang simpel.

“Aplikasi tersebut berguna untuk memudahkan pelayanan dan administrasi perkantoran. Mengefektifkan kita dalam berkerja, jadi paling tidak untuk mengefisiensikan waktu pekerjaan”, ujarnya saat ditemui awak kalseltoday.id di ruang kerjanya.

BACA  Presiden Tegaskan Pemerintah Serius Tangani Wabah Corona

Saat ini Pemko Banjarmasin sendiri telah memiliki tidak kurang dari 32 aplikasi yang sudah ada dan sudah ada 8 yang dibuat sendiri, bukan merupakan bantuan dari pusat dan sekarang sedang di maintenance di Kominfo.

“Aplikasi Simaya dari Kementerian Kominfo ini pertama generic ya, bantuan itu bantuan pusat, kemudian maintenance nya mereka, biayanya mereka, kita cuma user saja, ya pengguna saja, jadi sayang kalo kita tidak gunakan. Dan satu lagi untuk keamanan aplikasi itu sudah diperhitungkan”, ujarnya.

Aplikasi tersebut terkoneksi langsung pada servernya di Kominfo, seperti halnya sistem cloud, sehingga jika terjadi sesuatu yang dapat menyebabkan hilangnya data misalkan seperti bencana alam dapat diantisipasi.

BACA  Pemko Banjarmasin Ikuti Pembukaan RTDI dan RKCI, Wapres Ingatkan Smart City Jadi Program Jangka Panjang

“Salah satunya juga jangan sampai ada aplikasi yang hilang, terselip, supaya nanti dokumentasinya lebih baik,” ujarnya menambahkan.

Penulis: Fajar
Foto: Hijrah

Editor: Abe

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles