Profil Abdul Haris Makkie, Bakal Calon Walikota Banjarmasin 2020

kalseltoday.co.id, Banjarmasin–Abdul Haris Makkie adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan. Dikenal dengan sosok kalem dan senyum yang khas. Kini, suami dari Isma Jauharianti ini maju sebagai Bakal Calon Walikota Banjarmasin 2020, diusung oleh Partai Gerindra, Partai PPP dan Paratai PBB serta didukung oleh Partai Hanura.

Lahir 58 tahun silam serta sebagai putra asli banua Kalsel, dia pun mengenyam pendidikan dasar hingga lulus Strata-1 (S1) di Kota Banjarmasin kemudian pada 2002, dia mengambil gelar master di Universitas Padjadjaran.

Sebelum mencalon diri sebagai Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie mengawali karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Staf Subsi Yansi di BKKBN Kota Banjarmasin pada tahun 1988 silam kemudian pernah menduduki Kabag dan Kasubdin di lingkungan Pemkab Tabalong serta menjabat Kadis dan Asisten Adm Setda di lingkungan Pemkab Balangan.

Putra sulung dari Ahmad Makkie Bupati Tapin dua periode tahun 1983 hingga 1993 ini pun pernah menduduki jabatan di lingkungan Pemprov Kalsel tercatat sejak 2012 Abdul Haris Makkie pernah menjabat sebagai Karo Humas, Staff Ahli Gubernur, Plt Ass Adm Umum Setda, Ass Adm Umum Setda hingga menduduki jabatan sebagai Sekda Provinsi Kalsel.

Baca juga: Haris-Ilham Deklarasi: Banjarmasin Bangkit Tawarkan Perbaikan, Apa Saja Itu?

Selain itu Haris Makkie pun diamanahkan sebagai Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel dan sejak 2018 lalu dipilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan.

Sebagai seorang birokrat Abdul Haris Makkie pada saat melakukan kunjungan ke lapangan sering berinteraksi dan mendengar aspirasi waraga terutama pada kondisi pandemi saat ini sehingga dia memahami betul permasalahan yang dihadapi, berbagai program dan solusi terhadap kebutuhan warga dan Kota Banjarmasin telah dia buat dalam program Banjarmasin Bangkit, Banjarmasin Kebanggaan Kita.(*)

Facebook Comments