spot_img

Nah, Seluruh Pegawai Rutan Kelas IIB Pelaihari di Tes Urine

kalseltoday.co.id, Tanah Laut–Sebanyak 59 orang petugas Rumah Tahanan Negara Klas IIB Pelaihari kembali diambil dan dites urinenya oleh Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Tanah Laut,yang dipimpin langsung oleh M.Faisal Sidiq Kepala BNNK Tanah Laut, Rabu (19/02/2020).

Seluruh petugas rutan Pelaihari tanpa kecuali diminta berkumpul untuk diambil sampel urinenya oleh BNNK Tanah Laut. Bersama petugas rutan, Kelapa Rumah Tahanan (Karutan) Pelaihari, Budi Suharto juga memberikan sampel urine-nya untuk diperiksa oleh petugas BNNK Tanah Laut.

Menurut M.Faisal Sidiq “Narkoba sudah sangat mewabah dan dalam peredaran di masyarakat terkadang dikarenakan dengan adanya tuntutan perut”.

Lebih lanjut M.Faisai Sidiq menerangkan, jika seluruh petugas di rutan Pelaihari berkomitmen memberantasnya, maka rutan akan bebas dari barang haram tersebut dan kami akan terus memberikan dukungan terhadap pihak rutan Pelaihari untuk memberantas barang haram ini,” terangnya.

BACA  Kasus Covid-19 Bergerak Capai 1.634, Banjarmasin Dominasi Hingga 47 Persen

Dalam sambutannya, Karutan Pelaihari, Budi Suharto mengatakan “Tes urine ini bertujuan untuk mengecek apakah ada petugas yang mengkosumsi dan menggunakan narkoba juga sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus deteksi dini apakah ada petugas yang terpapar narkoba ”.

“Selain menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Nomor : W.19-PK.02.09.01-976 tanggal 10 Februari 2020 tentang Pelaksanaan Sidak dan Tes Urine bagi Petugas,Tes urin ini kami lakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus deteksi dini peredaran maupun penggunaan narkoba di lingkungan Rutan Pelaihari “, ujar Budi Suharto.

“Rutan Klas IIB Pelaihari sendiri akan kooperatif dengan BNNK untuk melakukan penyidikan lebih lanjut terhadap petugas maupun warga binaan, andai sampel urinnya positif ada yang mengandung zat narkotika,ini untuk menjaga situasi Rutan Pelaihari tetap kondusif dan bebas dari narkoba, harapan saya jangan sampai petugas Rutan terpapar narkoba yang seharusnya membina malah dibina” katanya.

BACA  Fantastic Tanah Laut dari Radja Ajak Berwisata

Turutnya Karutan Pelaihari, Budi Suharto dalam memeriksakan urine tentunya merupakan sinyal bagi seluruh petugas, bahwa seluruh strata petugas mulai dari petugas di lapangan hingga pimpinan tanpa terkecuali, harus berani membuktikan dirinya bersih dari narkoba.

Penulis: Dewa

Editor: Abe

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles