spot_img

Murka Liat Saldo Berkurang, Seorang Pria Robek Buku Tabungan di Bank

KALSEL TODAY – Aksi seorang pria pemilik akun TikTok @anjaycol4 ini sukses menjadi sorotan publik. Pasalnya ia tanpa ragu merekam aksinya merobek buku tabungan ketika masih di dalam bank yang bersangkutan.

Dilansir dari suara.com, aksi viralnya ini turut diunggah ulang oleh akun Instagram @memomedsos. Tampak pemuda dengan masker hitam itu merobek-robek buku tabungannya sampai menjadi serpihan.

Rupanya ia tidak terima melihat saldo rekeningnya berkurang tanpa keterangan yang jelas. Bahkan ia sempat menganalogikan bank tersebut selayaknya tuyul.

“Ngumpulin uang setengah mati, pas cek rekening saldonya malah berkurang, BRI TUYUL EMANG,” ungkapnya, seperti dikutip Suara.com, Jumat (24/6/2022).

Mengutip pernyataannya di video berikutnya, ia mengaku kerap mendapati saldonya malah berkurang meskipun menabung sejumlah uang.

“Karena setiap kali gue ngisi, berkurang-kurang saldonya,” ujarnya, meski membenarkan jika jumlah uangnya tidak berkurang drastis dalam jumlah banyak sekaligus.

Contoh terbaru, ia mengisi sebesar Rp 2.200.000 ke rekeningnya tersebut. “Pas gue cek lagi tinggal Rp 2.070.000. Jadi yang sekian itu kemana?” protesnya.

Alasan itu yang membuatnya sangat murka sampai berani merobek-robek buku tabungannya di dalam kantor bank. Bahkan aksinya sampai disaksikan oleh petugas keamanan, meski tampaknya tidak ada penanganan lebih lanjut.

Karena itulah, ia menyarankan warganet untuk tidak lagi lanjut menabung di bank BUMN tersebut. Ia juga mempersilakan agar warganet memviralkan videonya.

Kehilangan Uang Diduga Potongan Bulanan

Warganet menduga kehilangan saldo sampai Rp 130.000 yang ia alami adalah akibat potongan bulanan. “Coba deh di cetak buku rekeningnya, keluar segitu karena apa,” usul warganet.

BACA  Berkomitmen Cegah Fraud, Pegadaian Raih Indonesia Excellence GCG Awards 2022

Namun bukannya mengikuti saran warganet, pemuda ini malah dengan berapi-api menunjukkan serpihan buku tabungannya.

“Gimana mau cek, mau cetak, mau lihat rekeningnya kayak gimana? Ini hancuran buku tabungannya,” tuturnya. “Karena saya udah nggak ambil pusing ya, saking keselnya sampe saya bikin video nyobek di BRI.”

Secara tersirat ia seperti menjelaskan kalau peristiwa kehilangan saldo ini bukan yang pertama kali dialami. Apalagi karena selama ini ia selalu menabung dan jarang menarik uang dari rekening tersebut, sehingga pemuda ini bingung mengapa saldonya bisa berkurang.

Karena itulah ia malah berkesimpulan lebih nyaman dan aman menabung di rumah, ketimbang saldonya berkurang ketika ditabung di bank seperti yang ia alami.

robek buku tabungan

Tuai Pro Kontra Warganet

Melansir kolom komentar, warganet meramaikan postingan pemilik akun TikTok @anjaycol4 ini dengan kritikan.

Ya, alih-alih bersimpati dengan apa yang dialami olehnya, publik menilai pemuda ini kurang memahami transaksi di bank. Publik juga masih menduga potongan berasal dari administrasi bank.

“Udah berbulan-bulan kali saldonya kosong gak ada biaya buat potongan admin, jadi sekali ngisi langsung kena banyak,” komentar warganet.

“Baru ngisi kali setelah saldo 0 berbulan bulan kaya saya, ya auto kepotong admin yang udah udah,” imbuh warganet lain dengan pendapat serupa.

“Giliran di suruh cetak rekening koran dia malah tunjukin buku tabungannya udah di sobek-sobek dan bilang ga ada harapan, definsi pengen belaga pinter tapi jatohnya memalukan diri sendiri,” ujar warganet.

BACA  Relaksasi Penyampaian Dokumen Kelengkapan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019

“Wkwkwk yang lebih ngenes kalo nabung di celengan bang, duit juga suka ilang belom lagi celengannya dimakan rayap,” tutur warganet.

“Liat di mutasi lahh juned. Nabung celengan bambu aja mendingan,” timpal yang lainnya.

Kalau menurut kalian, siapa yang salah dalam peristiwa ini? Simak video selengkapnya di sini.

Administrasi Bulanan Bank BRI

robek buku tabungan

Postingan akun TikTok @anjaycol4 secara spesifik merujuk pada Bank BRI. Melansir situs resminya, terdapat beberapa jenis tabungan yang dilayani oleh Bank BRI, dengan sasaran nasabah serta besaran administrasi bulanan yang berbeda-beda pula.

Untuk produk tabungan BritAma, biaya administrasi bulanannya disesuaikan dengan besaran saldonya:

  • Saldo kurang dari Rp 10 juta, admin Rp 11.000
  • Saldo lebih dari Rp 10 juta, admin Rp 12.000
  • Kartu Classic, admin bulanan Rp 2.000
  • Kartu Gold, admin bulanan Rp 6.500

Untuk produk tabungan BritAmaX yang ditujukan untuk anak muda, besara admin bulanannya adalah Rp 6.000.

Untuk produk BritAma Bisnis, admin bulanannya gratis dengan syarat minimal saldo mencapai Rp 5 juta.

Untuk produk BRI Simpedes, admin bulanannya sebesar Rp 5.500 untuk saldo berapapun.

Untuk produk BRI Simpedes TKI, admin bulanannya Rp 3.000.

Untuk produk BRI Simpedes Bisa, tidak dibebankan biaya admin bulanan serta tanpa minimum saldo.

Sumber: suara.com

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles