spot_img

Catat yaa! Ini 5 Waktu Terburuk Minum Kopi

KALSEL TODAY – Mencium bau khasnya. Mulai dari biji  berwarna coklat kehitaman, alunan suara mesin grinder, disambut suara lentingan sendok bersapa dengan gelas atau cangkir. Bagi penikmatnya paham apa yang sedang terjadi. Yup, sebagian proses membuat minuman kopi dengan cara manual. Minuman satu ini biasa menghiasi aktifitas sehari-hari. Pagi. Siang. Malam.

Minum kopi dipercaya memiliki manfaat selain menghalau kantuk juga bisa meningkatkan keterampilan kognitif, membantu pencernaan dan berperan sebagai anti-inflamasi.

Namun tau kah sanak bahwa ada waktu yang dianggap tidak baik untuk mengkonsumsi minuman kopi ini.

Kapan sajakah itu, berikut kami rangkum dari beautynesia:

1. Sore Hari

Kebiasaan minum kopi yang sering kita lakukan adalah di sore hari. Namun ternyata, sore hari merupakan salah satu waktu yang patut dihindari.

Meminum kopi di sore hari akan membuat jadwal tidur kamu terganggu. Terlebih kita juga cenderung meminum kopi dingin, yang mana kafeinnya lebih tinggi dan efek kopi akan lebih bertahan lama.

2. Ketika Minum Kopi Lebih dari 2 Gelas

BACA  Dexamethasone Tingkatkan Peluang Hidup Pasien Covid-19?

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein tinggi. Oleh sebab itu, kita boleh minum kopi asal tidak berlebihan. Meminum kopi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh kamu.

Batas wajar hanya sampai 2 gelas saja. Jika lebih dari itu akan menyebabkan dehidrasi. Maka saat sudah mengonsumsi 2 gelas kopi, sebaiknya hindari meminum kopi di waktu yang berdekatan.

3. Ketika Perut Kosong

Kebiasaan minum kopi yang sering kita lupakan lagi adalah saat perut kita belum terisi apa-apa. Padahal waktu terburuk minum kopi adalah pada saat perut kosong, karena akan membuat perut tidak nyaman bahkan menimbulkan kembung.

Dengan keasaman kopi, jika perut kosong akan menyebabkan masalah refluks, mulas atau sakit perut. Jadi, sangat penting untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum meminum kopi.

4. Ketika Kadar Kolesterol Tinggi

Tidak dianjurkan bagi pecinta kopi untuk meminum kopi di kala kadar kolesterol sedang tinggi. Perlu diketahui, kopi yang disaring, kopi tanpa filter, atau frech press dapat meningkatkan kolesterol dan memperparah kondisi kesehatan tubuh.

BACA  Lima Pejabat Pemko Banjarbaru Positif Covid-19

Sebaiknya, jika kamu punya riwayat kolesterol pertimbangkan dulu untuk meminum kopi. Jika kamu sangat ingin minum kopi tapi memiliki kolesterol tinggi, tunggu sampai kadar kolesterol turun atau rendah terlebih dahulu ya, Beauties.

5. Dikonsumsi Setiap Hari

Kafein pada kopi memang dapat memicu kecanduan, untuk itu perlu adanya pembatasan dari diri masing-masing. Berlebihan minum kopi apalagi dilakukan setiap hari akan berdampak buruk bagi kesehatan.

“Masalahnya adalah tubuh kita beradaptasi dengan efeknya dan membutuhkan peningkatan dosis untuk mendapatkan efek yang sama, sampai akhirnya menyebabkan kelelahan dan kelelahan,” kata Davar, seorang ahli diet.

Davar juga menyarankan untuk minum kopi sebaiknya 4-5 hari dalam seminggu, serta sesekali mengganti minuman dengan matcha atau teh hijau bila memungkinkan.

Sementara mengutip dari detikFood, meminum kopi setiap hari akan menimbulkan berbagai efek samping seperti mengubah hormon, merusak jam tidur dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa waktu minum kopi yang sebaiknya kita hindari karena justru dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana menurut sanak?

(maa)

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles