spot_img

Kelurahan Belitung Utara Jadi Kelurahan/Desa Terbaik di Kalimantan Selatan

KALSEL TODAY, Banjarmasin – Kelurahan Belitung Utara Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin berhasil meraih juara pertama lomba Kelurahan/Desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Pengumuman disampaikan bersamaan dengan perayaan Hari Jadi ke-72 provinsi tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Kalsel Syafrizal kepada Lurah Belitung Utara Amrullah di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu 14/08/2021.

Menurut Amrullah inti dari pencapaian itu adalah kerjasama semua tim, mulai dari Puskesmas Kuin Raya, Babinsa, Bhabinkamtibnas, Ketua DK, Ketua RW, Ketua RT, Posyandu, Dasawisma, Rumah Sehat, Seluruh warga Belitung Utara beserta ASN dan Honorer di Kelurahan Belitung Utara.

“Atas kerja keras mereka semua alhamdulillah dengan kekompakan kami, dengan kerja keras kami dapat membuahkan hasil, kami memperoleh predikat juara 1 lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Aam–sapaan akrabnya, menceritakan kiat-kiat yang dilakukan dalam mencapai penghargaan tersebut adalah dengan melihat potensi yang ada di Kelurahan, kemudian potensi yang bisa diunggulkan untuk menjadi suatu khas, serta memiliki sebuah inovasi.

BACA  Belum Dapat Fasilitasi Kemendagri, Raperda Penambahan Penyertaan Modal ke Bank Kalsel Urung Digelar
Kelurahan Belitung Utara
Kelurahan Belitung Utara Jadi Kelurahan/Desa Terbaik di Kalimantan Selatan

Ia menyebut inovasi kelurahan yang dipaparkan kemarin pada waktu paparan di lomba desa kelurahan terdapat 3 inovasi diantaranya yaitu bekerja sama dengan pengurus puskesmas kuin raya berupa inovasi Lekasi (Lelaki Asi) disini inovasi ini adalah meningkatkan peran serta Suami untuk mendampingi Istri dari sejak hamil sampai dengan melahirkan dan menyusui untuk meningkatkan peran Ibu menyusui ASI eksklusif.

“Ini juga tujuannya untuk mencegah stunting kemudian yang ke-2 inovasi kami adalah Taman Iwak Gang AA Bungas kebetulan ini bertempat di RT 16 RW 02 Gang AA dimana asalnya itu ada selokan, selokan yang kita tau biasanya bau kotor gitu kan nah ini diubah oleh warga bergotong royong dari Tahun 2019-2020 akhirnya sekarang menjadi Taman Iwak jadi namanya Taman Iwak Gang AA Bungas,” paparnya.

Adapun pada invovasi ke-3, Aam memaparkan yaitu Jum’at berbagi dimana rangkaian itu adalah kegiatan yang telah dirintis pihaknya dari Tahun 2019 dengan tujuan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan sembako secara langsung.

BACA  Dampak Corona, Pemko Banjarmasin Inventarisir Instrumen Kebijakan

“Kemudian kami juga bisa mendengarkan dan melihat langsung aspirasi warga kami jadi melihat kondisi bagaimana sekaligus kami membagi sembako pada warga kami nah ini sudah kami jalankan dari tahun 2019 sampai dengan sekarang,” kata Aam.

“Jadi tiap Jum’at itu kami memberikan sembako sebanyak 2 paket tiap Jum’atnya nah itu Alhamdulillah masih berjalan sampai sekarang itu yang kami unggulan waktu pas paparan lomba Desa Kelurahan ditingkat Kota ditingkat Provinsi,” pungkasnya.

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles