spot_img

Bersama Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Tala

KALSEL TODAY – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Nayaka Cyber Indonesia (NCI) laksanakan penanaman pohon dan bersih sampah di Pantai Tungkaran Mariam, Desa Sungai Cuka Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada Sabtu (04/06)

Garis pantai yang cukup panjang menjadikan aksi kebersihan berjalan cukup lama, tetapi juga menghasilkan tumpukan sampah plastik yang menggunung, sampah yang terkumpul dipilah sesuai jenisnya akan dikelola oleh bank sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tala.

Sementara aksi penanaman pohon sendiri telah dilaksanakan sejak Jumat (03/06) dengan menanam beberapa jenis tanaman produktif yang disiapkan mandiri oleh peserta aksi maupun yang telah disiapkan panitia kegiatan.

Aksi dimulai dengan prosesi penyerahan bibit tanaman dan peralatan kebersihan yang dilakukan secara simbolis oleh Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kintap dan panitia kegiatan kepada peserta aksi.

Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tala Adi Rahmani, yang turut hadir di lokasi kegiatan memberikan edukasi tentang pilih dan pilah sampah.

BACA  World Cleanup Day 2021, Kalimantan Selatan Bersatu Untuk Indonesia Bersih (2-Habis)
BACA  Sungai Jorong Tercemar Limbah Perkebunan Kelapa Sawit? Seperti Ini Kronologisnya

“Bagi sebagian orang yang tidak mengerti potensi persampahan, sampah adalah sampah, tetapi bagi yang mengerti arti kelestarian lingkungan sampah adalah tumpukan emas” jelasnya.

Apresiasi datang dari Camat Kintap, M. Alfan Rosyidi, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas sumbangsih peserta aksi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Nayaka Cyber Indonesia
Sejumlah organisasi di Kabupaten Tanah Laut peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (ymd)

Kegiatan yang merupakan rangkaian World Environment Day 2022 tingkat Tala ini dilaksanakan bersama lintas organisasi kemasyarakatan dan anggota Gerakan Pramuka dari SMK Negeri 1 Kintap dan SMA Negeri 1 Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

“Mungkin nampak kecil dan tidak berarti apa yang kita lakukan, memungut dan memilah sampah dan menanam pohon, tetapi bagi lingkungan hidup ini akan berdampak besar” ucapnya.

Senada dengan Camat Kintap, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMAN 1 Satui Ela Suganda, turut mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang melibatkan generasi muda khususnya anggota Gerakan Pramuka, yang mana menurutnya menjadi momen karya bakti sesuai darma anggota Pramuka untuk mencintai alam.

BACA  Arutmin Hadirkan Bekantan Ecopark Asamasam

Sementara itu Koordinator pelaksana Victorya Amir dari aktivis NGO NCI menyampaikan harapannya terhadap kegiatan tersebut, agar kegiatan yang dilakukan bisa menjadi kebiasaan baik dan di aplikasikan dikesehariannya.

“Kami berharap sedikit kebaikan yang telah kita berikan untuk lingkungan tidak hanya di lakukan saat momen tertentu saja, tetapi bisa menjadi kebiasaan baik yang terus kita lakukan sehari-hari” harap Amir yang didampingi panitia kegiatan lainnya.

BACA  Relawan Lingkungan Sambangi dan Hijaukan KEE Panjaratan

Lokasi kegiatan yang berada di ujung timur Tala ini berbatasan langsung dengan Tanbu, jarak dari Pelaihari ibukota Bumi Tuntung Pandang ini adalah 98 km sedang dari Tanbu berjarak kurang lebih 9 km. (ymd/maa)

Facebook Comments

spot_img

Must Read

Related Articles

Facebook Comments