Jumat, Oktober 22, 2021

Polairud Resor Tala Bina Potensi SAR

Must Read

Foto: Kasat Polairud Resor Tala, AKP. Supriyanto, SE, MM (berdiri), sedang memberikan pembekalan kepada para peserta pelatihan menjadi Potensi SAR dengan klasifikasi Water Rescue. (ymd)

 

KALSEL TODAY, Tanah Laut – Sebanyak 30 remaja dari berbagai organisasi dan komunitas di Tanah Laut (Tala) nampak memberikan nuansa berbeda di pantai Turki di Desa Tungkaran Swarangan Kec. Jorong dengan seragam jingga khas tim pencarian dan pertolongan (SAR).

Mereka dilatih menjadi Potensi SAR dengan klasifikasi Water Rescue, selain itu diajarkan juga tentang Medical First Rescue (MFR) dan manajemen bencana (Disaster Management), kegiatan lebih banyak diisi praktek langsung di lapangan dengan komposisi 30% teori dan 70% praktek, dengan demikian diharapkan peserta kegiatan lebih memahami materi yang disampaikan.

BACA  Ketua DPD Partai Ummat Tanah Laut, Optimis Lolos Verifikasi

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yakni 10-11 Juli 2021 terselenggara atas kerjasama Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Resor Tala dengan Nayaka Mahitala Cyber Indonesia, KPH Tanah Laut dan PT. Jorong Barutama Greston.

BACA  Penjual Surat Bebas Tidak Sakit Covid-19 Ditangkap

Polairud Nayaka Mahitala Cyber Indonesia
Selama dua hari mereka dilatih menjadi Potensi SAR dengan klasifikasi Water Rescue. (ymd)

Kasat Polairud Resor Tala, AKP. Supriyanto, SE, MM melalui Brigadir Kelly Dwi Putranto, instruktur kegiatan, menyampaikan begitu pentingnya pengetahuan dalam upaya pencarian dan pertolongan.

“Jangan sampai terjadi ketika kita berniat menolong malah menjadi korban yang harus ditolong orang lain” papar Kelly ketika memberikan materi tentang pengetahuan dasar pertolongan dan pencarian (SAR).

Sementara itu, pemaparan mengenai manajemen bencana (Disaster Management) disampaikan dari Nayaka Mahitala Cyber Indonesia yang diwakili Eka Prasetya Aneba memberikan pengetahuan baru bagi peserta kegiatan, bagaimana mengelola dan meminimalkan resiko bencana, diskusi nampak menarik dengan contoh kasus  mengenai kejadian banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan di awal tahun 2021.

BACA  World Cleanup Day Tala 2020, Kumpulkan 1.100 Kilogram Sampah

Polairud Nayaka Mahitala Cyber Indonesia
Foto: (ymd)

“Dampak bencana dapat diminimalisir jika kita memiliki pengetahuan mengenai manajemen bencana” papar Eka pria ini biasa dipanggil, didampingi KPH Tanah Laut Rusdi Mairi saat memberikan materi.

“Pelatihan Potensi SAR ini merupakan bagian dari tanggungjawab kita sebagai makhluk sosial” Rusdi Mairi menambahkan.

Polairud Nayaka Mahitala Cyber Indonesia
Foto: (ymd)

Sementara itu, Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H. melalui Kasat Polairud, AKP Supriyanto, menyampaikan pesan khusus kepada peserta kegiatan agar selalu menjaga keselamatan diri dan orang sekitar, terlebih di sela panyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

“Mari berdoa, agar pandemi cepat berlalu” kata Supriyanto. (ymd/abe)

BACA  BKSDA Kalsel Gelar Sosialisasi TSL

 

Facebook Comments

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Mangrove for Better Life, Komitmen Untuk Lingkungan Berkelanjutan

KALSEL TODAY - Nayaka Mahitala Foundation melalui Cyber Adventure Indonesia lakukan aksi Mangrove for Better Life di Desa Pagatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img
Facebook Comments