spot_img

Ke Banjarbaru, Kurang Lengkap Tanpa Singgah di Lapangan Ini

KALSELTODAY.CO.ID, Banjarbaru – Kota Banjarbaru merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, sejak disahkannya Undang Undang Nomor 8 tahun 2022 pada Pebruari lalu Kota Idaman (julukan) ini resmi menjadi Ibu Kota Kalsel.

Kota yang dibekali luasan wilayah 371,4 km2 ini memiliki lima kecamatan dan dua puluh kelurahan sehingga rasanya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi spot-spot yang menarik di kota ini.

Lapangan dr. Murdjani. Rasa-rasanya kalau membicarakan Kota Banjarbaru kurang lengkap tak mengunjungi ikonik ini.

Terletak di pusat kota, lapangan dr. Murdjani atau biasa disapa lapangan Murjani oleh warga setempat masuk wilayah Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Barat, Kota Banjarbaru atau berseberangan Balai Kota.

BACA  Jelajah Keajaiban Alam Liar di Tengah Kalimantan (1)

Tempat ini terkadang dipergunakan sebagai tempat upacara, pagelaran event lokal maupun nasional bahwa bisa dipergunakan sebagai ajang perlombaan balap (road race).

Namun kesehariannya di lapangan Murjani setiap menjelang sore hingga malam tempat ini ramai dikunjungi warga karena selain untuk bersantai juga menyunguhkan berbagai permainan yang siap dinikmati dan kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menawarakan berbagai dagangan.

Disematkannya nama dr Murdjani pada tempat ini selain jasanya dalam pembentukan Kota Banjarbaru juga merupakan sosok Gubernur Kalimantan (1950 – 1953) yang merancang Kota Idaman ini berkonsep berestetika dan tata kota. (maa)

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles