Covid di Kalsel, Dari 424 Spesimen Ditemukan 41 Kasus Baru, Pasien Sembuh Tambah 39 Pasien

Foto: Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel Muhammad Muslim

 

kalseltoday.co.id, Banjarbaru–Perkembangan kasus Covid di Kalsel (Kalimantan Selatan) sampai dengan saat ini masih terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid kendati demikian penambahan pasien dinyatakan sembuh pun semakin meningkat walaupun tercatat masih adanya kasus pasien meninggal dunia akibat virus yang awalnya dari Wuhan, China ini.

Disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel Muhammad Muslim sampai saat ini tercatat ada 17.897 spesimen yang masuk ke laboratorium BPTKLPP Banjarbaru dan Rumah Sakit M. Anshari Saleh Banjarmasin kemudian dari total spesimen yang masuk tersebut ada sebanyak 13.924 spesimen yang sedang diperiksa.

“Saat ini total spesimen yang masuk di laboratorium BPTKLPP maupun di Rumah Sakit Anshari Saleh berjumlah 17.897 spesimen dan saat ini yang sudah terperiksa adalah 13.924 spesimen,” kata Muslim pada saluran youtube, Jumat (26/6/2020).

Kemudian sebanyak 424 spesimen telah keluar hasilnya dan ditemukan 41 kasus baru terkonfirmasi positif Covid.

“Dari 424 spesimen tersebut ada penambahan kasus sebanyak 41 yang terkonfirmasi positif,” sambung Muslim

Sehingga tercatat kasus terkonfirmasi positif Covid di Kalsel hingga Jumat (26/6/2020) ada sebanyak 2.876 kasus.

Penambahan kasus baru ini berasal 5 Kabupaten/Kota, yaitu diantaranya dari Banjarmasin ada 14 kasus, Banjarbaru ada 1 kasus, Tanah Laut ada 18 kasus, Batola ada 5 kasus dan Hulu Sungai Selatan ada 3 kasus.

“Banjarmasin ada 14 kasus baru kemudian Banjarbaru ada 1 kasus baru, Tanah Laut ada 18 kasus baru kemudian Batola ada 5 kasus baru, Hulu Sungai Selatan ada 3 kasus baru,” terang Muslim.

Sedangkan dari Kotabaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tanah Bumbu dan Balangan tidak ada penambahan.

Pasien Sembuh dan Meninggal

Dari 2.876 kasus yang dinyatakan sembuh berjumlah 578 kasus, ada penambahan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 39 pasien.

“Terjadinya kesembuhan-kesembuhan yang signifikan, hari ini ada 39 orang yang dinyatakan sembuh dan ini dari perawatan beberapa tempat,” ujar pria yang menjabat pula sebagai Kadis Kesehatan Kalsel.

Pasien sembuh sebanyak 39 pasien ini berasal dari RSUD Ulin Banjarmasin ada 1 pasien, RSUD M. Ansahri Saleh Banjarmasin sebanyak 29 pasien ini merupakan warga asal Banjarmasin ada 26 pasien dan 3 pasien warga Batola, kemudian penambahan pasien sembuh lainnya berasal RSUD Hasan Basri Kandangan ada 1 pasien, dari karantina di Tanah Laut ada 2 pasien, karantina di Hulu Sungai Selatan ada 4 pasien, karantina di Bajarbaru ada 1 pasien dan karantina di Kotabaru ada 1 pasien.

Pasien dalam pengawasan yang saat ini yang terkonfirmasi positif dan telah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu, yaitu pada tanggal 22 Juni dan 23 Juni berasal dari 1 pasien yang dirawat di RS M. Anshari Saleh asal Banjarmasin dan 1 dari RS Datu Sanggul asal Tapin, dengan penambahan 2 kasus tersebut tercatat total kasus meniggal dunia karena Covid-19 di Kalsel berjumlah 178 kasus.

Adapun orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 798 orang dan pasien dalam pengawasan sebanyak 305 pasien.

 

Editor: Abe

 

Facebook Comments