Relawan Lingkungan Sambangi dan Hijaukan KEE Panjaratan

kalseltoday.co.id, Tanah Laut–Dimotori oleh Cyber Adventure Indonesia, sebuah organisasi pegiat literasi digital yang konsern dalam pelestarian lingkungan melakukan giat penanaman pohon di area Kawasan Ekosistem Esensial Panjaratan (KEE Panjaratan) yang merupakan daerah edukasi dan konservasi Bekantan (Nasalis Larvatus) salah satu primata yang dijadikan maskot Kalimantan Selatan, Minggu (13/12/2020)

Acara dimulai dengan naiknya seluruh peserta kegiatan ke atas kapal wisata milik Desa Panjaratan yang dikelola oleh para pegiat wisata yang tergabung ke dalam Kelompok Sadar Wisata Surai Bekantan, untuk menuju lokasi penanaman yang ditempuh sekitar 30 menit dari dermaga kampung Panjaratan.

Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Adi Rahmani, dalam pengarahan memberikan edukasi mengenai pentingnya kelestarian lingkungan dan mengajak semua pihak terlibat dalam menjaga lingkungan.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi acara seremoni yang sekali jalan habis, tetapi dapat terus dijaga dan dipelihara sejalan dengan tujuan Gerakan Tanam dan Asuh Pohon” katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadiri Manager Kampanye Orangutan Foundation International (OFI), Dorprawati Siburian yang secara simbolis menyerahkan dukungan berupa 700 bibit tanaman pohon Ndoking dan Medang Natai merupakan salah satu sumber makanan utama primata bekantan dan orangutan di habitat aslinya.

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kesatuan Pengelola Hutan Tanah Laut, yang memberikan dukungan bibit tanaman memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman.

“KEE Panjaratan merupakan kawasan koloni habitat asli bekantan, dengan menanam pohon kami harap habitat aslinya akan semakin baik sehingga populasi yang ada dapat terjaga dan lebih berkembang” jelas Agus Suprianto mewakili KPH Tanah Laut.

Facebook Comments