spot_img

Pelatihan Olimpiade Matematika: Guru SMA Banjarmasin Siap Mengasah Siswa

KALSEL TODAY, Banjarmasin – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bersama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Banjarmasin menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertemakan “Pelatihan Persiapan Olimpiade Matematika Siswa SMA / MA Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasin”.

Tim pengabdian masyarakat dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM di Ketuai Dr. Karim, M.Si, bersama dengan anggota tim Asdini Sari, M.Pd, dan Muhammad Sa’duddien Khair, M.Pd, beserta mahasiswa Diva Parafikatan dan Mahrida, dengan diikuti 95 guru Matematika dari berbagai SMA/MA di Kota Banjarmasin.

“Tujuan utama kegiatan adalah memberikan pembekalan kepada para guru tentang bagaimana membimbing dan melatih siswa pada masing-masing sekolah dalam rangka persiapan mengikuti Olimpiade bidang Matematika tingkat SMA/MA,” ujar Karim saat dikonfirmasi, Kamis (31/8).

Kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka di SMA Negeri 3 Banjarmasin ini dihadiri langsung Kepala Sekolah tersebut yakni, Zaini Juhdi, S.Pd., MM sekaligus membuka kegiatan tahunan ini.

“Kegiatan dimulai dari hari ini (Kamis tanggal 31 Agustus 2023: red) dari jam 08.30 sampai 14.30wita, kemudian berlanjut secara daring sampai tanggal 7 September 2023 mendatang atau 6 hari kerja, 4 jam per hari,” beber Karim.

Turut hadir pula Ketua MGMP Matematika SMA/MA Kota Banjarmasin, Rahmadi, S.Pd, sekalian memberikan sambutan menginspirasi para peserta.

BACA  Selamat yaa. 192.810 Peserta Dinyatakan Lulus UTBK-SBMPTN

Karim menjelaskan, kegiatan ini merupakan program dosen wajib mengabdi Universitas Lambung Mangkurat dan dijadwalkan setiap tahunnya. Tujuan utama dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melatih dan mempersiapkan siswa mereka untuk kompetisi Olimpiade Matematika.

“Materi yang disampaikan berupa wawasan tentang Olimpiade Nasional bidang Matematika, Motivasi agar guru bersedia membina siswa di sekolah masing-masing. Strategi pembinaan, dan penguatan materi bidang Kombinatorika, Teori Bilangan, Aljabar, dan Geometri,” beber Karim.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari peserta, yang terlibat aktif dalam diskusi dan interaksi selama sesi pelatihan. Materi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat disusun berdasarkan silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika, memastikan bahwa guru-guru memperoleh pengetahuan yang relevan dengan tuntutan kompetisi.

Peserta pelatihan dipilih oleh pengurus MGMP Matematika SMA/MA Kota Banjarmasin dan diuji dengan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman mereka.

Karim menyampaikan tujuan jangka pendek dari pelatihan ini adalah menerapkan pembinaan Olimpiade Matematika di masing-masing sekolah peserta secara konsisten.

“Jangka panjangnya adalah menghasilkan siswa-siswa berprestasi yang mampu mewakili Kalimantan Selatan di ajang kompetisi tingkat nasional,” kata Karim.

Nampak mahasiswa dan dosen dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM berperan aktif dalam penyelenggaraan pelatihan ini, berkontribusi dalam penyusunan materi dan pelaksanaan acara.

BACA  PPAK ULM Dipercaya Uji Kompetensi Pejabat di Universitas Lambung Mangkurat

Lebih lanjut diterangkan bahwa program ini nantinya bisa menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan untuk mendukung pembinaan intensif bagi siswa yang akan mewakili daerah tersebut dalam kompetisi nasional.

Kemudian untuk memastikan komunikasi yang efektif, kelompok diskusi WhatsApp (WA Grup : red) telah dibuat untuk memfasilitasi komunikasi antara tim pengabdian masyarakat dan anggota MGMP Matematika SMA/MA Kota Banjarmasin.

Karim pun berharap melalui kegiatan ini, para guru diharapkan mampu lebih mendalami peran mereka dalam membimbing siswa dalam kompetisi, tidak hanya dalam hal kurikulum tetapi juga dalam pengembangan aspek non-kurikulum seperti prestasi dalam Olimpiade Matematika.

“Semangat untuk berprestasi dan berkontribusi diharapkan akan terus membara di kalangan guru-guru, mendorong mereka untuk membimbing dan melatih siswa dengan dedikasi dan semangat yang tinggi demi sukses di Olimpiade Matematika tingkat SMA/MA,” tandas Karim. (red/abe)

Facebook Comments
spot_img

Must Read

Related Articles