Cegah Sebaran Covid-19, Pemkot Banjarmasin Ikhtiar Kemanusiaan

Foto: Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (pakai masker) saat mengawali pelaksanaan disinfektan di lingkungan Pemkot Banjarmasin, Senin (23/3/2020)

kalseltoday.co.id, Banjarmasin–Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina hari ini Senin (23/03/2020), memulai start penyemprotan dari balaikota Banjarmasin dan beberapa tempat tempat ibadah seperti mesjid, gereja, kelenteng, mushola-mushola, titik-titik yang disepakati, titik yang rentan atau tempat-tempat yang diminta masyarakat untuk segera dilakukan disinfektan.

Ada 20 unit mobil dikerahkan untuk melakukan disinfektan, yaitu terdiri dari 16 unit truck dan pick up serta 4 unit portable.

“16 unit truck juga siap untuk penyemprotan yang dibantu Dinas LH, yang biasa menyemprot taman, kemudian bahan-bahan cairan ini sepenuhnya diberikan oleh PDAM Bandarmasih Banjarmasin dengan juga menurunkan unit truck dan tengki, selain itu damkar dan BPBD dibawah komando kepala gugus tugas Kadinkes Banjarmasin,” ujar orang nomor di Kota Banjarmasin saat ditemui awak media di Balai Kota.

Penyemprotan juga melibatkan kerjasama dari pihak Kelurahan, Kecamatan, RW, RT, Babinsa dan Babinkamtibnas.

“Tentu dengan dukungan Kapolres dan Dandim untuk memastikan seluruh penjuru kota bisa terdisinfektan dengan baik, suatu upaya dan usaha untuk mencegah penyebaran secara masif virus Corona ini,” terang Ibnu Sina.

Ibnu Sina berharap dukungan dari berbagai pihak terutama tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat bahwa ini merupakan ikhtiar kemanusiaan dan meminta kepada tenaga medis Dinas Kesehatan sebagai lini terdepan sesuai dengan arahan Gubernur yang menaikkan status menjadi tanggap darurat harus berada dalam keadaan siap siaga.

Ibnu Sina menegaskan lagi sesuai arahan gubernur bahwa seluruh rumah sakit tanpa memandang status apa, harus mempunyai ruangan isolasi dan bisa menangani bila terjadi ada kasus dan lapor kepada puskesmas, rumah sakit yang akan dirujuk.

“Oleh karena itu kemaren ada satu tempat ruangan isolasi di RS Sultan Suriansyah, hari ini pun dan dalam tiga hari kedepan, akan dipastikan dua ruangan lainnya bisa menampung 6 pasien dengan tingkat kerentanan dan juga ruang isolasi sudah bisa dibenahi, dipastikan bisa menerima suspect dari warga masyarakat, termasuk kategori ODR, ODP dan PDP,” jelasnya

Kami juga berharap semua ini bisa kita laksanakan dan dilalui secara keseluruhan, dukungan semua pihak dari dunia usaha, pihak swasta dan kelompok masyarakat,” tutupnya.

Penulis: Hijrah
Editor: Abe
Foto: Ist

Facebook Comments