Makan Daging Sapi Tanpa Alot

kalseltoday.co.idNah, hal yang paling nyaman dalam mengkonsumsi daging terutama daging sapi adalah dalam keempukan dagingnya, iya dong kalo alot kan jadi tidak nikmat malah bisa mengakibatkan sakit pada gigi atau gusi bahkan daging jadi tidak bisa ditelan.

Memasak daging sapi agar tidak alot jelas membutuhkan waktu yang tidak sebentar, minimal kita memasaknya selama 2 jam, kebayang dong borosnya bahan bakar yang digunakan, selain boros bahan bakar juga cukup menyita waktu kita terutama buat kalian yang sibuk atau sok sibuk, hehehe…

Berikut ada beberapa tips yang dirangkum oleh kalseltoday.co.id agar daging yang kita konsumsi bisa empuk, diantaranya:

1. Menggunakan panci presto atau pressure
Cara ini terbilang cukup mudah bagi mereka yang sudah memiliki panci presto.

2. Menggunakan Nanas
Iya benar nanas bisa melembutkan daging dengan cara nanas yang telah diparut kemudian dilumuri pada daging yang telah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan kurang lebih 30 – 60 menit tergantung banyak sedikitnya daging.

3. Menggunakan Daun Pepaya
Daun pepaya yang sudah diremas dan mengeluarkan getahnya kemudian dijadikan pembungkus untuk daging, daging yang telah dibungkus didiamkan selama 60 menit.

4. Menggunakan minuman cola
Kandungan asam yang ada dalam minum cola bisa dipergunakan sebagai pelembut daging, dengan cara merendam kemudian meremas daging agar kandungan asam yang ada dalam cola bisa meresap kedalam serat atau otot pada daging.

5. Menggunakan Baking Powder
Baking Powder yang biasa digunakan sebagai baham pembuat kue dan makanan juga bisa digunakan sebagai pelembut daging, lumuri daging yang ingin dilembutkan kemudian diamkan selama semalaman.

6. Lumuri dengan Jahe
Ya, bumbu dapur yang satu ini memang memilik banyak khasiat selain untuk menghangatkan tubuh ternyata jahe juga bisa dipergunakan sebagai pelembut daging karena kandungan Enzim proteolitik yang berada di dalam jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging jadi lebih lembut.

7. Direndam dengan kopi
Caranya pun cukup mudah, Anda bisa menyeduh kopi kental, lalu diamkan sampai dingin. Selanjutnya rendam daging di dalam air kopi tersebut selama 24 jam. Apabila sudah direndam selama 24 jam penuh, Anda dapat langsung mengolah daging tersebut. Selain menjadi lebih lembut, daging yang direndam dengan kopi akan memiliki aroma yang lebih sedap ketika dimasak.

8. Menggunakan alat pemukul (meat tenderizer)
Cara berikutnya bisa menggunakan alat pemukul daging, daging yang sudah dipotong-potong kemudian dipukulkan ke daging.

Demikian cara melembutkan daging agar bisa dikonsumsi dengan nikmat, selamat mencoba.

Penulis : Abe

Facebook Comments