Idul Fitri yang Tidak Biasa

kalseltoday.co.id, Jakarta–Pelaksanaan Idul Fitri tahun ini dalam sejarah modern Indonesia merupakan Idul Fitri tidak seperti biasa dilakukan, mulai dari pelaksanaan silaturrahim dan takbiran tidak bisa dilakukan secara beramai-ramai.

Menurut Staf Khusus Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi ada hikmah dibalik kejadian saat ini karena memilik waktu yang banyak untuk keluarga.

“Hikmah yang bisa kita ambil cara beridul fitri, silaturrahim secara virtual menggunakan alat-alat teknologi informasi bisa kita lakukan selain itu momentum yang bagus, lebih banyak punya kesempatan hidup bersama keluarga,” ujarnya saat ditemuai awak media kalseltoday.co.id di gedung PBNU Pusat Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Kamis (14/06/2020).

Menurut Masduki pada kesempatan seperti ini juga bisa memberikan nilai-nilai keteladan kepada keluarga khususnya anak-anak maupun pihak lainnya seperti melakukan shalat berjamaah, selain itu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah terutama untuk kita yang selalu sibuk dengan kehidupan horizontal (sosial) sedang hubungan secara vertical (Allah) tidak terlalu kuat.

“Sebagian kecil memang sudah bagus-bagus mukorrobin kepada Allah itu tetap tidak terpengaruhi tetap aja mereka melakukan ibadah-ibadah yang intens, tapi kan sebagian besarkan lebih banyak sibuk dengan kehidupan kehidupan yg sosial, kepentingan kepentingan dunia,” ujar anggota DPR RI periode 2004-2009.

Masduki berharap bahwa kondisi seperti ini bisa membangun mindset yang baru dalam pola kehidupan sehingga bisa lebih produktif karena memiliki waktu yang luang seperti menulis atau melakukan hal-hal produktif lainnya.

“Maka kita ajak lah semua teman-teman atau semua saudara-saudara kita kaum muslimin bisa beridul fitri dengan cara seperti itu,” tutup Masduki

Penulis: Saputra
Editor: Abe
Foto: Ist

Facebook Comments